Cegah Masuknya Covid-19 di Pasangkayu, Agus Imbau ASN Tidak Lakukan Perjalanan Dinas Luar Daerah

  • Whatsapp

PASANGKAYU, – Langkah pencegahan masuknya virus corona atau covid-19 di Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Bupati Agus Ambo Djiwa akan mengeluarkan imbauan atau surat perintah ke Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu, untuk tidak melakukan perjalanan dinas keluar daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Agus Ambo Djiwa, saat rapat koordinasi dengan para OPD, camat dan Forkopimda, di pendopo rumah jabatan (Rujab) Bupati, Minggu (15/3/2020).

Bacaan Lainnya

”Untuk sementara, saya melarang semua ASN untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah, dan saya akan segera mengeluarkan surat edarannya. Karena jangan sampai, virus itu masuk ke daerah kita, karena kunjungan kita diluar daerah,” tegas Bupati.

Tidak hanya itu, orang nomor I di Kabupaten Pasangkayu ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak terlalu panik terkait isu virus Corona, namun tetap waspada dan menjaga kesehatan, serta selalu membersihkan lingkungan disekitar rumah.

”Saya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak keluar daerah dalam waktu dekat ini, mengingat virus Corona ini sudah beredar di beberapa Kabupaten dan Kota di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan, langkah antisipasi yang diambil pemerintah yakni membentuk Tim Gugus antisipasi virus Corona, masuk diwilayah kabupaten Pasangkayu.

” Tim Gugus ini nantinya akan merumuskan beberapa strategi terkait pencegahan penularan COVID-19 di Pasangkayu, termasuk melakukan survei harga sembako dan ketersediaan alat kesehatan di apotik-apotik. Juga menentukan status daerah apakah siaga atau tanggap darurat non alam. Kemudian mengantisipasi adanya penimbunan alat kesehatan seperti masker, disinfektan dan hand sanitizer,” jelasnya.

Bupati dua periode itu juga mengatakan, Tim Gugus juga diminta nantinya terus melakukan sosialisasi langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. Dalam bentuk panflet dan hal lainnya.

Namun dalam pelaksaan kinerja Tim Gugus nantinya untuk tidak terlalu gegabah dalam mengambil langkah-langkah serta harus mengedepankan dampak sosial dan ekonomi. [*]