DPRD Pasangkayu Sorot Proyek Optimalisasi Jaringan Air Bersih, Lubis : Jangan Beri Ruang Kontraktor Nakal

  • Whatsapp
Tampak foto penampungan Proyek Optimalisasi Jaringan Air Bersih di Desa Ompi Kecamatan Bulutaba Kabupaten Pasangkayu.

PASANGKAYU, – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pasangkayu, menganggarkan proyek Optimalisasi Jaringan Air Bersih di Desa Ompi, Kecamatan Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat.

Proyek Optimalisasi Jaringan Air Bersih tersebut dianggarkan sebesar Rp 1,8 miliar dari APBD tahun 2020 dan pemenang tender proyek tersebut adalah PT Bintang Tholaling. Namun, hingga bulan Oktober 2021 ini, air bersih tersebut belum mengalir ke rumah warga.

Bacaan Lainnya
banner 300600

Anggota DPRD Pasangkayu, Lubis SH, yang meninjau langsung proyek tersebut, mengaku berang dengan ulah kontraktor yang tidak menyelesaikan proyek pekerjaan itu.

“Saya akan memanggil pihak rekanan dan dinas terkait tentang pekerjaan ini dan saya menyampaikan ke pemerintah daerah, sebagai bagian dari penggunaa anggaran, agar kiranya betul-betul memperhatikan rekanan yang layak untuk melakukan pekerjaan,” sebut Lubis, Selasa (12/10/2021).

Berdasarkan pantauannya, air belum teraliri dari sumber mata air ke penampungan. Kemudian, terlihat pipanya juga belum ada terpasang dari bak penampung ke rumah warga.

Selain itu, tumpukan semen puluhan zak di sekitar proyek itu tidak digunakan dan sudah membeku menjadi batu.

“Saya tinjau langsung bersama Kepala Desa Ompi, dan sampai saat ini pekerjaannya belum selesai. Sementara anggaran yang digunakan dalam pembangunan air bersih tersebut kurang lebih 1,8 miliar,” ungkapnya.

Lubis menyampaikan agar Pemerintah Daerah tidak memberikan ruang bagi kontraktor yang nakal. Karena, selain merugikan masyarakat setempat juga berdampak pada kerugian anggaran daerah.

“Pemerintah desa setempat juga berharap, bahwa pekerjaan ini betul-betul diseriusi dan dapat diselesaikan atau dilanjutkan kembali oleh pihak kontraktor, agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya. [Tim]