Pecah, I Warga Touna Positif Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi

TOUNA, – Satu warga Kabupaten Tojo Una-una (Touna) Provinsi Sulawesi Tengah Postif Covid-19. Informasi tersebut beredar dimedia sosial melalui Group Whatsapp dan Facebook

Kepala dinas Kesahatan Touna Dra. Jafanet Alfari saat di konfirmasi media ini Rabu (19/08/2020), membenarkan bahwa informasi tersebut benar adanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kronologinya pasien tersebut usai melakukan perjalanan dari Provinsi Gorontalo

“Anak itu kuliah dan kerja di Kota Gorontalo, kedatangan anak itu di Touna semenjak Idul Adha, dalam maksud silaturahmi karena orang tuanya tinggal di Touna,” ucap Jafanet.

Disampaikannya, sebelum anak itu datang ke Touna, anak tersebut dalam keadaan sakit panas dan telah dilakukan Rapidtes sebanyak dua kali hasilnya Negatif dari Gorontalo.

Saat tiba di Touna anak tersebut sakit dan di rujuk ke Puskesmas Ampana Barat untuk pemeriksaan Rapidtes, namun hasilnya Reaktif kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab.

“Artinya dalam masa inkubasinya penyakitnya berawal dari Gorontalo,” sebut Jafanet.

Dengan adanya pasien reaktif covid-19, Jafanet berharap agar masyarakat Touna selalu tetap memakai protokol kesahatan, mencuci tangan, jaga jarak, dan selalu mengunakan masker.

Terpisah saat di konfirmasi Direktur Rumah Sakit Umum Ampana Dokter Niko menyampaikan bahwa kondisi pasien berinisial DR (22 tahun) saat ini sudah membaik.

Dikatakannya, untuk hasil Swab yang dilakukan benyak dua kali dengan hasil uji swab Positif.

Untuk tindak lanjutnya, saat ini menurut dR Niko, pasien DR akan di isolasi di RSUD dan menunggu masa inkubasi selama 14 hari setelah itu akan dilakukan uji swab berikutnya.

“Kondisi DR saat ini akan dilihat selama inkubasi 14 hari, jika keadaannya membaik dan hasil swab berikutnya berubah negatif maka akan dipulangkan,” tutup dR. Niko. [JF]