Plt. Wali Kota Padang Hendri Septa Buka Kejuaraan Karate-do Kota Padang

  • Whatsapp

PADANG – Kejuaraan Karate-do Kota Padang tahun 2020 yang diikuti peserta se-Sumatera Barat resmi dimulai.

Pembukaan kejuaraan dipusatkan di Hotel Axana, dibuka secara resmi oleh Plt. Wali Kota Padang Hendri Septa melalui media komunikasi dalam jaringan (daring), Rabu (2/12/2020).

Bacaan Lainnya

Plt. Wali Kota Padang dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik dengan digelarnya kejuaraan ini.

Menurutnya, kejuaraan karate dapat menjadi sarana pengembangan prestasi dan tolak ukur para atlet untuk menilai perkembangan teknik-teknik karate di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang.

“Disamping itu juga sebagai persiapan atlet-atlet karate yang mengikuti pekan olahraga Provinsi Sumatera Barat pada 2021,” ujar Hendri saat membuka kegiatan tersebut dari Jakarta.

Hendri menambahkan, karate merupakan olahraga yang mengajarkan nilai-nilai budaya budi pekerti, sopan-santun, sportivitas dan saling menghormati satu sama lain. Dengan adanya nilai-nilai tersebut olahraga karate dapat menjadi semangat masyarakat Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang untuk menekuni karate yang sudah banyak mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

“Sekali lagi, atas nama Pemerintah Kota Padang saya mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas, jaga nama baik sendiri dan daerah, raih prestasi setinggi mungkin dengan semangat pantang menyerah. Kami juga ucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kota Padang dan Indonesia Karate-do ( INKADO) Sumbar atas terlaksananya kejuaraan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang Mursalim mengatakan, kejuaraan Karate-do Kota Padang tahun 2020 digelar berbeda dari tahun sebelumnya disebabkan pandemi Covid-19. Pada tahun ini kejuaraan karate Kota Padang digelar secara virtual, mulai 1 hingga 4 Desember 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 218 orang yang berasal dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Adapun kelas yang dipertandingkan yakni, Kelas Pradini, Dini Prapemula, Pemula, Kadet, Junior, Senior yang dibagi kedalam empat kategori yaitu Kata Perorangan Putra, Kata Perorangan Putri, Kata Beregu Putra dan Kata Beregu Putri.

“Untuk penilaian kategori yang dilombakan direkam dalam bentuk video dan dikirim untuk dinilai oleh Dewan Juri,” ujar Mursalim.

Sementara itu, Ketua INKADO Sumatera Barat Wahyu Iramana Putra mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang berani menggelar kejuaraan karate di masa pandemi Covid-19.

“Ini merupakan tindakan yang berani dan patut mendapat apresiasi. Satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat yang mengadakan kejuaraan karate adalah Kota Padang,” ungkap Wahyu yang disambut tepuk tangan yang meriah oleh tamu undangan yang hadir.

Wahyu juga mengajak para atlet karate se-Sumatera Barat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan Kakan Kesbangpol Kota Padang Yuska Librafortuna, unsur Forkopimda Kota Padang dan lembaga terkait lainnya. [Mul]