Warga Kelurahan Kalaka Keluhkan Asap Yang Diduga Dari Pabrik Pengolahan Kelapa

  • Whatsapp
Tampak luar lokasi pabrik pengolahan kelapa pada malam hari di Kelurahan Kalaka Kecamatan Bunta Kabupaten Luwuk Banggai. [Foto: Jefri]

BUNTA, – Warga Kelurahan Kalaka Kecamatan Bunta Kabupaten Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) keluhkan polusi udara yang diduga asap dari pabrik pengolahan Kelapa.

“Asap pengolahan Pabrik Kelapa itu membuat nafas kami sesak, karena jarak pabrik dari pemukiman sangat dekat, sehingga udara dilingkungan kami tidak sehat,” ucap salah satu warga yang enggan disebut namanya. Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Ia (warga_red) mengatakan pabrik pengolahan kelapa ini sudah lama beroperasi. Namun, menurut warga Pemerintah setempat diduga seakan melakukan pembiaran dan belum menyikapi keluhan warga terhadap pabrik tersebut.

“Kami berharap kepada Pemerintah setempat dan juga DPRD agar serius menyikapi pabrik pengolahan kelapa itu. Pabrik itu bukan hanya mencemari udara, tap pabrik itu beroprasi di lokasi yang berdekatan dengan dipemukiman penduduk. Jika pabrik itu melanggar aturan harus ditindak tegas, karena pabrik itu dapat mengganggu kesehatan warga sekitar,” tukas warga.

Dari pantauan kontennews.com di lokasi area depan pabrik, tidak ada papan nama perusahan yang terpasang. Jarak Pabrik dengan pemukiman penduduk diperkirakan berjarak 200 meter, begitupun jarak pabrik dengan Jalan Lintas Trans Sulawesi.

Informasi yang di himpun dilapangan pemilik pabrik pengolahan kelapa itu adalah pengusaha berinisial KO.E yang berdomisili di Kecamatan Bunta.

Hingga berita ini ditayangkan, wartawan kontennews.com telah menghubungi pemilik pabrik tersebut melalui via telpon, namun tidak ada jawaban atau tidak angkat. [JF]