Pjs. Bupati Datu Pamusu Hadiri Peletakan Batu Pertama Kantor PA Ampana

  • Whatsapp

TOUNA, – Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sulawesi Tengah H. Abu Huraerah menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Ampana, di jalan Merdeka komplek perkantoran bumi mas Kecamatan Ratulindo Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Rabu (25/11/2020).

Pada kegiatan peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri oleh Bupati Touna Datu Pamusu Tombolotutu, Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, Kejari Ampana M Fadil Jauhari, Ketua Pengadilan Agama Ampana A. Riza Suaidi, serta unsur Forkopimda Touna.

Bacaan Lainnya

Mengawali sambutan Riza Suaidi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atas kesediaannya yang telah memberikan hibah tanah seluas 7.920 m2 untuk pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Ampana.

Dirinya berharap, agar pembangunan gedung baru ini terwujud sesuai dengan misi Pengadilan Agama Ampana yaitu mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana peradilan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Tentunya ini merupakan hadiah besar bagi masyarakat Kabupaten Tojo Una-una, sehingga seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan dari Pengadilan Agama Ampana dapat terlayani dengan baik dengan segala fasilitas yang memadai,” sebut Riza.

Senada, Pjs Bupati Datu Pamusu dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui Pengadilan Tinggi Agama Palu, atas daya dan upaya dengan terlaksananya pembangunan gedung Kantor Pengadilan Agama Ampana, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dimasa-masa yang akan datang.

Sementara, H. Abu Huraerah menyampaikan terimakasih dan penghargaan Pemda Touna atas tanah hibah untuk Pengadilan Agama Ampana.

“Sejatinya Pengadilan Agama Ampana sebagai lembaga vertikal yang melayani masyarakat otonom, pembentukan pengadilan baru adalah upaya yang dilakukan Mahkamah Agung dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” imbuh Abu Huraerah

Abu Huraerah berpesan untuk tetap menjalin kerjasama dengan mitra Pengadilan Agama yaitu Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk tetap melaksankan pelayanan terpadu Isbat Nikah untuk masyarakat demi mendapatkan legal identity.

Agar pembangunan gedung Pengadilan Agama Ampana ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

“Kantor ini digunakan untuk melayani masyarakat touna sesuai dengan kompetensi Pengadilan Agama Ampana,” ujarnya mengakhiri.

Diketahui, acara ini di akhiri dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu bersama Forkompimda Kabupaten Tojo Una-una sebagai simbol peletakan batu pertama dimulainya pembangunan gedung Kantor Pengadilan Agama Ampana. [JF]