Tingkatkan PAD, Bapenda Touna Luncurkan Alat Cash Register Pajak

  • Whatsapp
banner 300600

TOUNA, – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una (Touna), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaunching alat perekam data transaksi pajak hotel dan restoran di Marina Cottage Ampana, Senin kemarin (16/11/2020).

Pemasangan alat cash register pajak ini merupakan untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Touna, khususnya hotel-hotel dan restoran yang ada.

Bacaan Lainnya

banner 300600

Pjs Bupati Touna Datu Pamusu Tombolotutu menyampaikan, pada launching alat cash register pajak ini nantinya dapat mewujudkan transparansi, asas efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sektor pajak hotel dan restoran.

Program ini merupakan hasil kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesi (KPK RI), Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Pemerintah Sulawesi Tengah, Bank Pembanggunan Daerah Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una.

Sektor perpajakan merupakan instrumen yang sangat penting bagi penyelenggaraan pembanggunan Daerah. Sehingga, Pemerintah Touna akan terus berupaya untuk berinovasi dalam pelayanan sektor pajak daerah.

Masih Bupati Datu Pamusu menerangkan, bahwa pemasangan alat perekam data transaksi usaha itu sebagai wujud pengawasan terhadap setoran pajak hotel dan restoran yang masuk ke daerah.

“Semoga dengan pemasangan alat cash register disetiap hotel dan restoran ini dapat meningkatkan akselerasi pendapatan asli daerah (PAD), menjadi salah satu program unggulan di Bumi Sivia Patuju Tojo Una-Una,” harapnya. Rabu (18/11/2020).

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Touna Nawatsara Panjili mengatakan, pada tahap pertama yang dilakukan ini, Dispenda baru melakukan pemasangan sebanyak 20 unit alat perekam data transaksi online bagi wajib pajak dibeberapa hotel dan restoran.

“Ini salah satu upaya untuk meningkatkan PAD,” ujarnya.

Diketahui, dengan adanya pemasangan alat pencatat transaksi ini bisa berfungsi mencegah kecurangan atau kebocoran potensi pajak yang dilakukan wajib pajak disetiap hotel dan restoran. [JF]

Pos terkait